Buntut Tewasnya Brigadir J

Perwira hingga Dua Jenderal Dicopot 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

JAKARTA--(KIBLATRIAU.COM)-- Kasus kematian Brigadir Nopryansyah Yosua atau dipanggil dengan Brigadir J, menarik perhatian publik lantaran dugaan-dugaan yang muncul selama proses penyelidikan oleh polisi. Kapolri bahkan membentuk tim khusus untuk mengusut kasus tersebut. Brigadir J merupakan ajudan dari Kepala Divisi Propam Irjen Ferdy Sambo. Sementara ini, kematian J diduga karena ditembak oleh rekan sesama polisi yaitu Bharada E. J, disebut ditembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.


Namun, sejumlah pihak menduga banyak kejanggalan dari penjelasan polisi. Tim Khususnya dan Komnas HAM pun bergerak untuk mencari titik terang.Sejumlah pejabat polisi dinonaktifkan sementara. Pertimbangan polisi yaitu untuk proses penyelidikan. Mereka yang dinonaktifkan sementara oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yaitu.

1. Irjen Ferdy Sambo

Ferdy dinonaktifkan dari jabatannya sebagai Kadiv Propam, pada Senin (18/7/2022). Sebagai penggantinya, jabatan tersebut diisi oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.Menurutnya, penonaktifan Irjen Ferdy Sambo dari jabatannya dapat menjaga objektivitas dalam penanganan perkara adu tembak antar anggota Propam Polri yang terjadi pada Jumat, 8 Juli 2022 lalu."Ini tentunya juga untuk menjaga apa yang telah kita lakukan selama ini terkait komitmen untuk menjaga objektivitas, transparansi, dan akuntabel benar-benar bisa kita jaga, agar rangkaian proses yang saat ini dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan membuat terang peristiwa yang terjadi," ujarnya.

2. Brigjen Hendra Kurniawan

Kabiro Pengamanan Internal, Brigjen Hendra Kurniawan menambah daftar polisi yang dinonaktifkan, buntut kematian Brigadir J. Pengumuman Hendra dinonaktifkan disampaikan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.Dedi belum merinci alasan pencopotan. Namun, desakan pencopotan muncul dari keluarga Brigadir J. Pengacara Keluarga Almarhum Brigadir J Kamarudin Simanjuntak beralasan keduanya harus dinonaktifkan agar investigasi kasus tewasnya Brigadir J dapat berjalan dengan transparan dan independen.

3. Kombes Budhi Herdi Susianto

Kapolres Jakarta Selatan menjadi anggota polisi ketiga yang dicopot dari jabatannya sementara waktu. Kekosongan jabatan yang dijabat oleh Budhi, akan ditunjuk langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.


"Nanti siapa pejabat sementaranya, nanti secara administrastif akan di tunjuk Kapolda Metro Jaya," ujar Dedi.Pengacara dari pihak Brigadir J, Kamarudin Simanjuntak, meminta agar Brigjen Hendra dan Kombes Budhi dinonaktifkan sementara agar investigasi kasus tewasnya Brigadir J dapat berjalan dengan transparan dan independen.Kapolri menegaskan, hal ini dilakukan untuk membuat terang kasus penembakan antara Bharada E dan Brigadir J. Dalam kasus ini, Brigadir J meninggal dunia.(Net/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar